5 Perbuatan Inilah yang Bikin Puasamu Bernilai

5 perbuatan yang menandai puasa kamu akan sempurna dan bermakna di hadapan Allah.
Hai sob, gimana nih puasanya, kamu pastinya pengenkan gimana caranya beribadah puasa yang baik dan bersungguh-sungguh itu ya biyar puasanya jadi bernilai dan bermakna lahir dan batin gitu. Nah sob, nih ada beberapa amalan atau perbuatan yang bisa kamu lakuin pas lagi puasa agar puasa kamu benar-benar bisa jadi puasa yang bernilai dan bermakna;
Makan Sahurmakan sahur
Makan sahun ternyata selain memang dianjurkan, juga dapat membuat manusia itu tidak lupa sama niat puasanya sob. Kebayangkan sob jika kamu puasa trus tidak sahur dan tidak berniat, kebayang tinggal lapernya donk ya. Hemmm agar kamu tidak lupa niat, maka makan sahurnya juga jangan lupa ya.
Membaca Al-Qur’anperbuatan mulia
Nah sob, membaca yat Al-Qur’an ternyata membuat puasa kita itu lebih bernilai dan kelihatan bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Dan sudah seharusnya kita memperbanyak membacanya, apa lagi di bulan penuh barokah dan ampunan ini. .
Buatlah target untuk sobat sendiri. Jika di bulan-bulan lain kita khatam membaca Al-Qur’an dalam sebulan, maka misalnya di bulan Ramadhan kita bisa target dua kali khatam gitu sob. Lebih baik lagi jika ditambah dengan perbuatan menghafal satu juz atau surat tertentu. Hal ini bisa juga dijadikan program unggulan bersama keluarga sebagai wujud kesungguhan menjalani puasanya.
Memberikan Makananperbuatan
Amal ibadah mulia ini dapat Sob manfaatkan bersama tetangga atau anak-anak yatim yang bermukim disekitar rumah Sob. Perbuatan memberikan makanan ini hanya satu contoh yang dapat kita lakukan saat berbagi rezki kepada sesama. Inijugasangatpentingloountuk dibiasakan, agar setelah selesai bulan Ramadhan, juga terus dilakukan, dan lagi puasa kamu akan menjadi lebih berarti.
Bertaubattaubat
Selama bulan Ramadhan, Allah membukakan pintu ampunan bagi seluruh hambanya dengan selebar-lebarnya pintu yang dibuka sob. Karena itu, bulan Ramadhan ini merupakan kesempatan emas bagi kita semua untuk melakukan perbuatan taubat kembali ke fitrah kita. Lagi kita sudah seharusnya menjadi terus lebih baik dan mandiri sob.
Zakat Fitrahzakat
Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir loo ya, tentunya oleh kita yang beragama islam sob, baik lelaki-perempuan, dewasa maupun anak-anak. Perbuatan ini tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin. Ini juga salah satu bentuk berbagi kita dengan saudara kita yang seiman dan sperjuangan sob.
Shalat Tarawih Setiap Malamshalat tarawih
Nah sobat, agaknya kita kurang lengkap ya puasa tapi tidak shalat taraweh ini, nah perbuatan Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan ini juga bisa dijadikan ajang ibadah dan bukti kita serius menjalankan puasa sob. Dan yang paling penting diingat oleh kita, bahwa shalat tarawain dapat dilakukan dirumah sekalipun sob.
Sob, jangan sia-siakan momen Ramadhan kali ini ya. Sepanjang bulan Ramadhan kita punya kesempatan berdakwah/ berbagi nasehat baik, karena pastinya suasana Ramadhan sudah sangat terasa dimana-mana dan tiap orang siap menerima nasihat.
sumber : media ihram